Menyadari pentingnya pembangunan yang merupakan proses perubahan sosial menuju masyarakat yang sejahtera serta menilik persoalan desa yang menyangkut kurangnya pengembangan sumber daya manusia, kurangnya kesadaran akan kekuatan, kelemahan, potensi, dan peluang desa, secara tidak langsung menuntut mahasiswa yang berkecimpungan di bidang pembangunan sosial khususnya mahasiswa Ilmu Sosiatri STPMD “APMD” Yogyakarta untuk turut mengambil bagian secara nyata dalam pemberdayaan masyarakat desa melalui kegiatan Aksi Peduli Desa.

Aksi Peduli Desa merupakan  kegiatan tahunan Prodi Ilmu Sosiatri dimana dalam pelaksanaannya menyuguhkan menu dengan beberapa kegiatan berbeda yang diharapkan bisa menjadi salah satu solusi bagi pembangunan masyarakat di pedesaan. Aksi Peduli Desa HMJ IMATRI Prodi Ilmu Sosiatri STPMD “APMD” kali ini dilaksanakan di Dusun Kuwiran, Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten  Magelang  pada hari Kamis, 3 Mei 2018 sampai dengan  Minggu, 6 Mei 2018, yang mengusung tema “Membangun Desa Berbasis Aset dan Potensi Masyarakat  Mewujudkan Desa Mandiri.”

Acara Aksi Peduli Desa yang dimulai pada Kami, 3 Mei 2018 dibuka dengan ramah-tamah panitia dan peserta Aksi Peduli Desa bersama masyarakat desa. Kegiatan Aksi Peduli Desa yang ke-6 ini diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan, antara lain Sosialisasi Kebersihan  yang dilaksanakan pada Jumat, 4 Mei 2018. Pada kegiatan ini panitia dan peserta APD melaksanakan  susur desa. Kemudian dilanjutkan Pelatihan Kewirausahaan dan Kepemimpinan pada sore harinya yang diisi oleh Ibu Ratna Sosetya, S.Psi, M.Si, Ibu Dra. Oktarina Albizzia, M.Si., dan Bapak Drs. Oelin Marliyantoro, M.Si. yang merupakan Dosen Prodi Ilmu Sosiatri.

Pada hari ketiga (Sabtu, 5 Mei 2018) Panitia Aksi Peduli Desa melaksanakan dua kegiatan  secara bersamaan, yakni Pelatihan Kreatifitas Daur Ulang Sampah menggunakan Metode Decoupage yang diikuti oleh Ibu-ibu dan  Pemuda-pemudi desa, serta Aksi Tanam Pohon di sepundan Sungai Pabelan yang dilaksanakan oleh Bapak-bapak bersama peserta dan panitia Aksi Peduli Desa. Pada hari keempat (Minggu, 6 Mei 2018)  panitia dan peserta melaksanakan kegiatan bersih sungai. Dalam kegiatan ini masyarakat bersama mahasiswa turun langsung untuk membersihkan Sungai Pabelan.

Gerakan Aksi Menanam Pohon Di Pinggiran Sungai Pabelan

Dalam rangkaian acara Aksi Peduli Desa, panitia dan peserta bersama masyarakat turut ambil bagian dalam setiap kegiatan  selama proses kegiatan berlangsung. Semoga kegiatan Aksi Peduli Desa Tahun 2018 ini mampu memberikan kontribusi positif bagi mahasiswa   peserta APD dan bagi  masyarakat  di    Desa  Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten  Magelang. (Bertha, IS16)

Leave a Comment