Pada Senin (30/4) di Ruang Sidang Kantor Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Jalan Tentara Pelajar 13 Yogyakarta dilaksanakan Opening Ceremony, Technical Meeting, Debating Seminar dan Adjudicator Accreditation yang dilaksanakan dalam rangka Debat Bahasa Inggris Tingkat Wilayah tahun 2018, acara tersebut berlangsung selama 6 jam.

 Debat Bahasa Inggris Tingkat Wilayah tahun 2018 atau National University Debating Championship yang disingkat dengan NUDC ini diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi Kopertis Wilayah V, yang mana Kemahasiswaan Kopertis wilayah V Yogyakarta dibatasi sebanyak 44 tim yang berasal dari Universitas, Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi, Akademi baik Negeri maupun swasta.

Pengalaman mengikuti kegiatan tersebut akan sulit untuk dilupakan begitulah yang dirasakan perwakilan dari Sekolah Tinggi Masyarakat Desa “ APMD “ yaitu Putri Laoli mahasiswi Ilmu Pemerintahan angkatan 2017, Agustinus Bima Nugraha mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2016 dan Tiar Karnora Simangunsong mahasiswi Ilmu Sosiatri angkatan 2016. Pada Debat Bahasa Inggris Tingkat Wilayah tahun 2018 yang diwakili 3 orang mahasiswa (i) dalam pembagiannya  1 orang sebagai Adjucator diwakili oleh Putri Laoli , dan 2 orang sebagai Debators yang diwakili oleh Agustinus Bima Nugraha dan Tiar Karnora Simangunsong.

Pelaksanaan seleksi NUDC Tingkat Wilayah ini dilaksanakan pada Senin (7/5) sampai dengan Rabu (9/5) di Hotel Griya Persada Kaliurang Jalan Boyong 99, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta 555. Pada Hari Pertama tanggal 7 Mei 2018 dilaksanakan debate 1 untuk memilih tingkat 16 besar dengan putaran debat 4 kali. Pada Hari kedua tanggal 8 Mei 2018, sebagai babak Semi final, pada babak semi final ini penentuan 4 besar yang akan lanjut ke Final. Rabu (9/5) merupakan acara penutup dimana masing-masing mahasiswa (i) kembali ke Perguruan Tinggi masing-masing. (Tiar, IS16)