SEJARAH DAN PERKEMBANGAN

Berdiri tahun 1987 di bawah naungan Yayasan Pengembangan Pendidikan Tujuh Belas Yogyakarta. Sampai saat ini Program Studi ini telah menghasilkan lebih dari 2700 lulusan dengan masa studi rata-rata 4 tahun yang sebagian besar bekerja di lingkungan Pemerintah baik di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan, BUMN, TNI/POLRI, LSM/NGO, Perusahaan Swasta, Bank, Rumah Sakit dan lain-lain. Sejumlah lulusan bahkan telah berhasil menduduki posisi kunci di bidang tugasnya.

Program Studi Ilmu Sosiatri (Pembangunan Sosial) mempelajari permasalahan sosial dan berupaya memberikan alternatif solusi dalam berbagai aspek pembangunan masyarakat dan desa, sehingga kajian dan fokus sasaran Ilmu Sosiatri relevan di era otonomi daerah dan pemberdayaan masyarakat serta di era  globalisasi saat ini. Kurikulum Program Studi ini dibangun atas dasar pengalaman praksis dan akademis untuk menjawab tantangan kebutuhan internal dan eksternal (pemerintah-swasta) baik pada tingkat lokal, regional, maupun nasional.

VISI MISI DAN TUJUAN

VISI

Menjadi program studi yang unggul dalam pembangunan sosial untuk  pemberdayaan masyarakat dan desa.

MISI

  1. Mengembangkan pembelajaran berkualitas yang mendorong dosen dan mahasiswa menjadi kreatif, proaktif dan inovatif dalam pembangunan sosial untuk pemberdayaan masyarakat dan desa.
  2. Mengembangkan penelitian unggulan guna memecahkan masalah-masalah di bidang pembangunan sosial untuk pemberdayaan masyarakat dan desa.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat dan berkelanjutan dalam bidang pembangunan sosial untuk pemberdayaan masyarakat dan desa.
  4. Mengembangkan kerjasama dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian.

TUJUAN

  1. Mengembangkan pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan kurikulum di bidang pembangunan sosial untuk pemberdayaan masyarakat dan desa.
  2. Meningkatkan kapasitas dosen dan pengelolaan prodi untuk pengembangan ilmu di bidang pembangunan sosial.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pembangunan sosial untuk pemberdayaan masyarakat dan desa.
  4. Menghasilkan penelitian yang dapat menjadi rujukan di bidang pembangunan sosial untuk pemberdayaan masyarakat dan desa.
  5. Menghasilkan pengabdian yang mampu meningkatkan kapasitas masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan sosial berbasis sumber daya lokal.
  6. Menghasilkan kerjasama dengan pemerintah, swasta dan perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian.